Saturday, June 7, 2014

Menu Suroboyoan untuk Bekal

Cerita dikit ya..
Dahulu kala, jaman masih single mingle.. saya tuh anti banget sama makanan pedes. Bukan karena ngga suka, tapi karena ngga tahan sama pedes. Cabe cuman sebiji doang aja kadang bisa sampe hu-hah nangis-nangis :D
Kemudian, takdir membawa saya kepada seseorang yg opposite-attract banget dalam hal selera makan. Orang yang sekarang jadi Bapaknya juragan kecil saya ini, sukanaya makanan super pedessss pleus masakan indonesia yang full bumbu dan rempah. "Semacam menyusahkan kalo ntar nikah kayaknya" hahaha, ini sempet banget mikir begini sebelum nikah :D
Sebenernya dia ini bukan orang Surabaya asli, karena semua keluarga besarnya dari Magelang, tapi karena dia lahir dan besa di Surabaya dan ibunya jago banget masak masakan Indonesia, jadilah lidahnya suka ngga kompak sama lidah saya yang sok bule & chinese ini, hahaha.
Tapi... ya namanya udah hidup berdua deh ya, sekarang jadi sama-sama toleransi sama selera masing-masing. Malah sekarang saya suka banget bikin Penyetan, makanan khas Surabaya. Alesannya? Praktis! :D
Tinggal goreng lauk, bikin sambel, beressss...

Nah, karena beberapa hari ini saya terjangkit penyakit males masak yang aneh-aneh, tapi harus tetep bawain bekal buat misua, jadilah menu suroboyoan super praktis ini



Itu yang kayak sate bawanya gimana? Ya tusuknya saya patahain dikit biar bisa masuk ke wadah Lock & Lock yang keren ini :D

Jadi, bekal si Bapak kemaren itu standa aja sih,

sate ikan panggang

Pagi-pagi sempet bikin ikan panggang? Hehehe, jawabannya ya nggak sempetlaaah :p Ini beli di warung sayur di sebrang rumah. Katanya ini ikan sembilang. Yang jelas sih baunya "manggil" banget.

tempe mendoan

Yang kedua, tempe mendoan. Ini adalah tempe mendoan saya yang kedua. Percobaan pertama sukses bikin tempe mendoan ini ludes dimakan juragan kecil & Bapaknya, jadi kayaknya perlu diulang lagi deh, heheheu.
Oiya, mumpung inget.. ini saya kopiin resep Tempe Mendoan yang pernah saya posting di Instagram. Kali aja ada yang butuh :)


Resep:
- tempe, potong2 tipis
Larutan:
- 4sdm tepung terigu
- 1sdm tepung maizena
- 1 sdt ketumbar bubuk
- 1sdt kunyit bubuk
- 2 siung bawang putih, cincang haluss
- Daun bawang & seledri cincng halus
- garam & merica secukupnya
- Air secukupnya

Campur semua bahan utk pencelup, aduk, jgn telalu encer ya. Masukin tempe, goreng sampe mateng, Beresss :D


Yang terakhir dan yang paling penting adalaaahh.. sambel terasi!!

sambal terasi & kecap kemasan

Senengnya punya Lunchbox Multi Round dari Lock & Lock ini, pas bawa sambel yang harus ditemenin sama kecap atas permintaan misua, jadi ngga pake ribet karena ada wadah yang ada divider/sekatnya kayak di foto itu tuh.. jadi kan ngga perlu nyampurin sambel sama kecapnya yang bikin ntar sambelnya jadi kurang pedes.
Dan, kebayang dong ya.. ikan panggang, tempe dan sambel terasi itu baunya gimana? Ya karena itu, sekarang udah ngga pindah-pindah ke lunchbox lain. Pakenya tetep Lock & Lock Lunchbox Multi Round ini, karena walaupun desain tutupnya dengan desain ulir, bukan pake engsel kayak kotak Lock & Lock biasanya, tapi tetep kedap banget. Pas ditutup dan dimasukin ke dalam tasnya, bau ikan & sambel terasi yang menyengat bener-bener ilang.
Oya, kalo menurut saya, kalo untuk daily-used, Lunchbox dengan bentuk lingkaran begini ini udah pilian yang paling oke banget, soalnya kalo nyuci ga pake susah..karena ngga ada sudut-sudut yang biasanya ada sisa makanan yang suka nyempil gitu kan.

Semoga ke depannya, saya bisa semakin mahir bikin makanan Indonesia buat suami saya yang suka merepotkan ini, hahaha :D
Selamat malam.

No comments:

Post a Comment